Identifikasi Aset SMKN 4 Soppeng

Oleh : Megawati

 Soppeng, 20 November 2024. Bertempat  di aula SMKN 4 Soppeng, sekolah ini melaksanakan kegiatan penting dalam rangka mengidentifikasi aset, kekuatan, dan sumber daya yang dimiliki. Kegiatan ini dilakukan secara kolaboratif antara dewan guru, perwakilan siswa setiap kelas yang aktif berpartisipasi dalam diskusi.

Acara ini dipimpin oleh Syaharuddin, S.Pd. dan Megawati, S.Pd., M.Pd. sebagai pemateri dan calon guru penggerak angkatan 11 Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. Syaharuddin dan Megawati memberikan wawasan yang mendalam tentang pentingnya mengidentifikasi aset sekolah secara menyeluruh atau komprehensif. Hal ini dapat membantu pihak sekolah dalam meningkatkan potensi dan kapasitas baik dari segi guru maupun siswa.

Dalam paparannya, Syaharuddin dan Megawati menekankan bahwa aset sekolah tidak hanya terbatas pada sarana dan prasarana fisik, melainkan juga mencakup sumber daya manusia, program unggulan, serta kemitraan yang telah terjalin. Ada 7 modal utama yang diidentifikasi, yaitu modal manusia, modal sosial, modal agama dan budaya, modal fisik, modal politik, modal lingkungan atau alam, dan modal finansial. Dengan memahami kekuatan dan potensi yang dimiliki, pihak sekolah dapat merancang strategi yang lebih efektif dalam mencapai visi dan misi sekolah.

Antusias guru dan perwakilan siswa memberikan kontribusi yang berharga selama sesi diskusi. Mereka aktif menyampaikan ide-ide serta pengalaman yang dapat memperkaya hasil identifikasi aset sekolah.

Kepala sekolah dalam hal ini diwakili oleh Bapak Drs. Yonatan Nurla, M.M. menyambut baik kegiatan ini. Dimana kegiatan ini merupakan langkah penting untuk memetakan kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh sekolah. Kami berharap dapat memanfaatkan secara optimal aset yang dimiliki demi kemajuan pendidikan di SMKN 4 Soppeng.

Melalui kegiatan ini, SMKN 4 Soppeng dapat semakin meningkatkan kualitas pembelajaran, pengembangan SDM, dan inovasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh warga sekolah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *